Sabtu, Desember 05, 2015

Etika Pergaulan

Karakter remaja muslim selayaknya mejadikan masa tersebut sebagai usia keemasan “Golden age” dimana potensi diri manusia (fitrah) yang telah dianugrahkan oleh Allah SWT harus dioptimalkan dengan baik sebagai bentuk “syukur”. Tiga potensi utama tersebut adalah: Pendengaran, Penglihatan, dan Hati.
Islam telah mengatur etika pergaulan remaja muslim dan muslimah. Perilaku tersebut merupakan batasan-batasan yang dilandasi nilai-nilai agama. Oleh karena itu perilaku tersebut harus diperhatikan, dipelihara, dan dilaksanakan oleh para remaja. Perilaku yang menjadi batasan dalam pergaulan adalah :
1.      MENUTUP AUROT
Islam telah mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurot demi mejaga kehormatan diri dan kebersihan hati. Aurot merupakan anggota tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya terutama kepada lawan jenis agar tidak boleh kepada jenis agar tidak membangkitkan nafsu birahi menimbulkan fitnah.
2.      MENJAUHI PERBUATAN ZINA
Pergaulan antara laki-laki dengan perempuan diperbolehkan sampai pada batas tidak membuka peluang terjadinya perbuatan dosa. Islam adalah agama yang menjaga kesucian, pergaulan di dalam Islam adalah pergaulan yang dilandasi oleh nilai-nilai kesucian. Dalam Al-Qur’an Allah berfirman dalam surat Al-Isra’: 32 yang artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”
3.      MENUNDUKKAN PANDANGAN, TIDAK MELIHAT AUROT ORANG LAIN DAN MEMELIHARA KEMALUAN DARI BERZINA
Dalam surat An-Nur: 30
4.      LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN HARUS BERTAQWA KEPADA ALLAH
Dalam surat Al-Ahzab: 55
5.      MENJAUHKAN DIRI DARI TEMPAT-TEMPAT YANG SYUBHAT
Dalam surat An-Nur: 33
6.      TIDAK MELAKUKAN KHALWAT
Bersepi-sepi (berduaan saja) antara seorang laki-laki dan seorang wanita. Sebagaimana sabda Rosulullah SAW yang diriwayatkan oleh imam Ahmad  “Tidak boleh seorang laki-laki berkhalwat dengan seorang wanita, kecuali disertai mahrom si wanita itu”
7.      TIDAK MENDEKATI ZINA
Dalam surat Al-Isra’ :32
8.      TIDAK BERSUARA MENDESAH

Dalam Al-Ahzab :32

*telah Disampaikan Dalam Kajian IMMawati 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Reconnect with Qur’an: Menyingkap Rahasia dibalik Angka 19 dalam Al-Quran   Al-Quran adalah mukjizat sekaligus kitab suci terakhir y...